Monday, January 20, 2014

Kecanduan Gadget



Masyarakat saat ini dimanjakan oleh gadget yang bermacam-macam merek, smartphone seperti iphone dan blackberry, serta netbook dan Samsung. Berbagiam macam merek semua sudah ada. Mereka yang membuat gadget merancang degan macam aplikasi dan merancang degan berbagai model. Tidak ketinggalan semua gadget yang penomenal saat ini. Adalah Samsung android yang mengalahkan blackberry. Dan saat ini memudahkan para pemuda-pemudi untuk mengaskes internet melalui gadget yang mereka miliki.

Remaja merupakan pengguna internet aktif. Dalam penelitian lain seperti yang dilansir dari finroll.com, yang dilakukan oleh Kemenkominfo dari APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia), total pengguna internet di Indonesia saat ini menembus 40 juta pengguna. Dari angka tersebut, 64 persen diantaranya adalah remaja.

Jika telah candu pada gadget, pecandu biasanya terobsesi untuk menggunakan gadget tersebut setiap waktu. Dikutip dari okezone (15/1/2012), berdasarkan hasil penelitian Richard Balding, psikolog di Department of Psychology University of Worcester, ponsel cerdas makin sering digunakan untuk membantu orang tetap bersentuhan dengan berbagai aspek kehidupan mereka. Namun makin sering menggunakannya, kita akan makin merasakan sedikit ketergantungan terhadap alat tersebut, dan sebenarnya malah menimbulkan stres.

Kecanduan gadget bisa menghambat kehidupan normal menjadi rusak, artinya menghambat semua aktifitas yang biasa dilakukan akan lebih lemot alias lambat dalam selesai. Banyak waktu yang terbuang dengan gadget jika gadget itu digunakan untuk media social seperti facebookan, twitteran atau melihat aplikasi yang tidak bermanfaat. Memang gadget mempunyai banyak keuntungan dalam mengakses internet selain bisa chatting, gadget sudah canggih untuk melihat dan membaca berita online yang langsung dibuat dalam media yang sudah menjadi aplikasi, seperti aplikasi Kompas, DetikNews dan sebagainya. Itu memang sudah dirancang dalam gadget. Tidak perlu membeli Koran jika sudah mempunyai aplikasi tersebut, mereka bisa membacanya lewat gadget tersebut dengan memilih berita yang akan dibaca.


Walau memberi begitu banyak keuntungan bagi pemakainya, jika tidak paham dalam menggunakannya, gadget itu akan menimbulkan kata kerugian. Menurut saya solusi yang baik adalah kita harus pandai-pandai dalam memilih aplikasi dan mengatur jam untuk menggunakan gadget. Aplikasi yang bermanfaat pasti akan bermanfaat bagi kita , seperti aplikasi yang kita install adalah aplikasi seperti Kompas.com. Detik.com dan sebagainya. Kita perlu membatasi waktu dalam penggunaannya agar tidak mengganggu waktu bersama keluarga dan sahabat terutama waktu untuk mengerjakan tugas. Selain itu, kita harus mengakses situs-situs yang memang bermanfaat dan membuat kita semakin cerdas.



Referensi:
http://inioke.com/Berita/1467-Inspirasi-Perempuan-Minang.html
http://www.femina.co.id/isu.wanita/seks/kecanduan.gadget/005/004/193
http://www.tempo.co/read/news/2011/11/01/072364259/Tanda-tanda-Kecanduan-Gadget

No comments:

Post a Comment