Tuesday, January 7, 2014

Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja



   Kalau kita membicarakan dan membahas tentang pergaulan bebas,sudah pasti kita akan berhubungan dengan anak remaja karena banyak korbannya adalah dari kalangan remaja. Masa remaja bagi semua orang dan juga menurut saya adalah masa yang paling indah atau berseri. Di masa itu juga proses pencarian jati diri seseorang berlangsung. Dan pada proses itulah banyak para remaja yang terjebak ke dalam pergaulan bebas tersebut karena tidak mengetahui dampak buruk bagi dirinya sendiri. Pergaulan bebas di kalangan remaja saat ini telah mencapai titik kekhawatiran yang sangat tinggi atau cukup parah, terutama seks bebas dan penggunaan obat-obatan terlarang.

   Ada banyak sebab remaja melakukan pergaulan bebas. Penyebab tiap remaja mungkin berbeda tetapi semuanya berakar dari penyebab utama yaitu kurangnya pegangan hidup remaja dalam hal keyakinan/agama dan ketidakstabilan emosi remaja. Hal tersebut menyebabkan perilaku yang tidak terkendali, seperti pergaulan bebas.
  
   Oleh karenanya tidak aneh lagi jika jumlah penderita HIV/AIDS setiap tahunnya meningkat, terutama dari kalangan remaja/anak sekolah, belum lagi dengan remaja yang hamil di luar nikah. Bahkan pelakunya bukan saja mahasiswa dan pelajar SMA saja,namun sudah merambah sampai ke pelajar SMP.

   Awal mula seorang remaja terjerumus ke dalam pergaulan bebas adalah salah bergaul dan mudah terpengaruh oleh teman-temannya/lingkungan. Kebanyakan remaja ini ingin di puji dan di katakan gaul oleh teman-temannya tanpa memikirkan dampak dan akibat yang berkelanjutan. Maksud dari salah bergaul adalah bukan berarti kita memilih-milih dalam bergaul, akan tetapi cerdas dalam memilih teman yang akan membawa kebaikan bukan justru sebaliknya.

   Kita boleh saja bergaul dengan siapa pun asalkan kita jangan mudah terpengaruh dan tetap berpegang teguh kepada norma-norma agama. Di kalangan remaja takut dikatakan ‘kurang gaul’ atau ‘tidak gaul’, maka apapun oleh mereka dilakukan. Padahal gaul tidak harus melakukan seks bebas, tidak harus menggunakan obat-obatan terlarang, dan semua hal yang melanggar norma norma agama maupun hukum.

   Adanya pergaulan bebas salah satunya disebabkan karena banyaknya waktu kosong, ketika waktu yang kosong ini dilakukan untuk hal yang bermanfaat maka orang itu tidak akan berfikir untuk melakukan sesuatu yang melenceng.  Ketika banyak waktu kosong pasti orang itu akan bermain, bermalam Minggu dan lain sebagainya. Dan waktu itu akan terbuang sia-sia.


   Oleh sebab itu untuk mengantisipasi hal itu, maka sebaiknya orang itu mengikuti kegiatan-kegiatan yang positif , seperti mengikuti organisasi-organisasi intra dan eksta atau organisasi  sosial, menekuni dan mengembangkan hobinya menjadi lahan bisnis yang menghasilkan, ataupun mengikuti acara-acara kreatifitas anak muda.

   Seperti di Kampus ini sangat banyak organisasi-organisasi dan UKMnya selain kesibukan kuliah. Ikutilah beberapa organisasi atau UKM yang kamu sukai, kalau sudah menjadi anggota maka nanti akan banyak kegiatan-kegiatan yang ada disana. Dan ketika banyak kegiatan diikuti maka akan banyak hal-hal positif yang mempengaruhinya, dan segala hal-hal yang negatif akan mental karena tidak ada celah waktu untuk bisa melakukannya.




Faktor-faktor yang bisa membebaskan generasi muda dari bahayanya pergaulan bebas saat ini :

  • Faktor Agama dan Iman

Faktor utama yang menyebabkan pergaulan bebas ini adalah lemahnya iman yang ada dalam diri mereka. Yang harus ditanamkan dalam diri seseorang adalah aqidah dan syariah. Apabila sudah ada aqidah dan tau apa-apa saja yang disyariatkan itu sudah tumbuh dalam diri mereka maka mereka pasti akan menghindari hal-hal yang nantinya dapat merusak mereka.

  • Faktor pengetahuan

Faktor pengetahuan yang rendah dan rasa ingin tahu yang tinggi inilah sangat berbahaya. Tetapi ketika seseorang ingin tau dia tidak harus mencobanya, cukaup dengan melihat realita dan fenomena yang telah ada. Jadi sebelum melakukan sesuatu cari tau sebab dan akibatnya agar tidak menyesal dikemudian hari.

  • Faktor lingkungan dan zaman

Lingkungan adalah sesuatu yang sangat berpengaruh pada diri seseorang, karena manusia itu makhluk sosial. Jadi dia tidak bisa hidup sendiri semuanya saling ketergantungan. Dan jika lingkungannya baik maka mau atau tidak mau pasti dia akan mengikutinya, tetapi jika lingkungannya tidak baik maka lambat laun dia juga akan terpengaruh meskipun hanya sedikit.


Faktor zaman, sebenarnya di dalam Al-quran telah dijelaskan tentang bagaimana cara bergaul didalam Islam. Pergaulan bebas muncul disaat sekarang ini dikarenakan adanya perubahan zaman. Yang dulunya hal yang luar biasa sehingga menjadi hal yang biasa. Kebanyakan dari orang itu tidak mau dibilang kuno, maka dari itu semua kebudayaan barat yang masuk ke Indonesia baik itu bernilai positif maupun bernilai negatif, ditelan mentah-mentah oleh mereka, tanpa memikirkan sebab dan akibatnya. 

   Namun semuanya kembali ke diri kita sendiri, mau menjadi orang yang seperti apa kita? Jauhilah pergaulan bebas dan hal hal negatif yang berdampak sangat merugikan bagi diri  kita sendiri. Kita harus dapat menempatkan diri sebagai remaja yang baik dan benar sesuai dengan tuntunan agama dan norma hukum yang berlaku agar terhindar dari hal-hal tersebut.

Sumber:


No comments:

Post a Comment